CARA MENGUKUR TEGANGAN MAINBOARD PS2

CARA MENGUKUR TEGANGAN MAINBOARD PS2


Mungkin, beberapa rekan belum tahu bagaimana cara mengukur tegangan di mainboard PS2 baik slim atau ps tebal. Kebanyakan, mereka ragu dan takut konslet jika salah letak jack AVO. Anda tidak perlu kuatir masalah itu, yang penting jangan menggabungkan 2 titik dalam 1 PROBE.

Maksud 2 titik dalam1 probe adalah, salah satu ujung AVO menempel di 2 titik arus tegangan sekaligus. Misalnya ujung jek merah menempel pada 2 kaki sebuah IC baik sengaja atau tak sengaja, ini akan menyebabkan konslet. Jadi, letakkan probe hitam AVO pada ground, dan probe merah pada 1 titik arus saja yang akan diukur tegangannya.

CARA MENGUKUR TEGANGAN MAINBOARD PS2 TEBAL.

Buat konektor yang terdiri dari 4 atau 2 kabel untuk menghubungkan antara power supply dengan mainboard. Sekarang bongkar PS2 tebal Anda. Copot bagian power supply dan letakkan di tempat yang terpisah.

Mengukur Tegangan Mainboard PS2 Tebal


Pastikan saat meletakkan power supply pada wadah yang bebas dari logam untuk menghindari konslet. Gabungkan kabel konektor dengan mainboard. Pasang kabel reset e soket.

Sambungkan dengan jek strom 220 v di soket arus utama power supply. Hidupkan saklar utama, pencet tombol reset hingga warna hijau. Siapkan AVO digital, putar selektor di angka 20. Pastikan AVO digital di arus ukur DC.

Nah, sekarang Anda siap untuk mengukur arus tegangan di mainboard PS2 tebal. Caranya, letakkan probe hitam AVO pada ground, letakkan probe merah di titik pin out tegangan yang akan diukur. Coba letakkan jek merah pada fuse 1 dekat soket power supply, akan menunjukkan arus 12 volt.

Coba ukur tegangan di soket kipas, akan menghasilkan ukuran 8.5 volt. Lalu, coba ukur semua kaki fuse, masing-masing akan menunjukkan angka 12 volt dan 5 volt.

Jika ingin lebih rapi, buat kotak khusus untuk power supply. Ambil saja box bekas PSu PC, lalu dimodif sebagai box PSU PS2.

CARA MENGUKUR TEGANGAN DI MAINBOARD PS2 SLIM

Jika Anda ingin belajar mengukur tegangan di mainboard PS slim, ini lebih simple. Sebab, power supply bisa langsung menempel di cassing tanpa bantuan kabel konektor

Mengukur Tegangan Mainboard PS2 Slim

Silakan bongkar casing PS2 slim Anda, cabut semua kabel fleksi kecuali kabel reset. Lepaskan rangkaian optik. Sisakan power supply dan mainboardnya. Colokkan kabel strom 220 volt ke soket power supply. Nyalakan tombol reset hingga warna hijau.

Letakkan jek AVO digital di titik ground. Silakan pilih titik arus tegangan mana yang akan diukur. Coba ukur titik VCC 7.5 volt pin out kipas. Coba juga ukur di titik 78M05, akan muncul tegangan 5 volt dan 7.5 volt pada tiap pin out.

Begitulah cara mengukur tegangan PS2. Intinya, kita harus teliti dan hati-hati saat meletakkan ujung jek AVO. Mungkin, Anda harus meruncingkan ujung jek AVO warna merah untuk mempermudah pengukuran. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About kutaragi

0 comments:

Post a Comment