PS2 TEBAL BLANK HITAM TOTAL

PS2 TEBAL BLANK HITAM TOTAL


PS2 tebal blank hitam total, artinya PS2 hanya gelap tak ada tampilan sama sekali padahal lampu swicth menyala hijau, Kipas belakang pun nyala. Kemudian anda mencoba mengganti kabel, hardisk atau NA itu semua tak merubah.

Di sini, saya akan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana cara memperbaikinya. Penyebab PS blank gelap total adalah sangat kompleks, Hampir semua kerusakan apapun di mainboard bisa menyebabkan PS2 blank. Kita tidak bisa menebak dengan pasti apa komponen yang error, apalagi mencoba-coba rehot sana rehot sini, ganti ini ganti itu, bisa-bisa mainboard yang masih bisa perbaiki jadi makin tidak bisa diperbaiki dalam arti malah menambah penyakit. Tetapi, jika kita mengetahui penyebab kerusakan akan mempermudah perbaikan.

JENIS DAN PENYEBAB PS2 TEBAL BLANK

Ada 3 jenis PS blank berdasar penyebab, yaitu

1. PLAYSTATION BLANK BIRU TOTAL,

Penyebab adalah beberapa komponen mati atau jalur putus sehingga tidak ada sinyal masuk ke main board.

2. PLAYSTATION BLANK HITAM,

Biasanya disebabkan oleh RB ( resistor blok ) eror atau IC yang korosif. Kadang, timah solderan yang renggang akibat pemakaian jangka lama mempengaruhi juga.

3. PLAYSTATION BLANK MERAH,

Secara umum karena gagal booting. Namun, pada playstation seri tertentu ada resistor SMD error menyebabkan red blank screen.

Itu hanya beberapa penyebab umum. Pastinya, kita harus bisa membaca skema untuk mengetahui berapa tegangan di setiap komponen.

Perhatikan, tutor kali ini saya membahas PS Hardisk internal, Dalam tanda kutip ” PS2 menggunakan Network Adapter atau NA”

CARA MEMPERBAIKI PS2 TEBAL BLANK HITAM TOTAL

Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki. Perhatikan, image yang saya pakai sebagai model adalah SCPH 3XXXX GH 015

1. CEK TEGANGAN IC MODBO/MATRIX

Setelah Anda membongkar casing, lalu ukur tegangan di titik W. Nilai titik W berada di sekitar 3 – 3.5 Volt. Jika tidak muncul tegangan sama sekali, solusinya adalah mengganti IC modbo atau IC matrik.

Anda harus jeli saat memasang mod chip baru, Posisikan kabel sesuai dengan titik masing-masing. Titik P berada di P, titik O harus berada di titik O…..dan seterusnya.

Solderan harus kuat, matang dan tahan getaran supaya tidak mudah lepas. Solderan tidak matang menyebabkan kabel mudah lepas dan korsleting.

2. CEK TEGANGAN DI IC SWITCTING REGULATOR

PS2 Tebal Blank Hitam Total


Jika IC matrix masih bagus, langkah selanjutnya ANda men cek IC regulator. Posisi IC ini ada di samping IC CDX 188***. IC regulator mempunyai pin 16 kaki. Dalam posisi diberi arus listrik, cek tegangan di kaki 4, 11, 12 dan 14.

Pada pin No 4, tegangan berada di 2.5 V. Pada kaki ke 11, 12, dan 14 harus ada 1.8 volt. Jika tidak memenuhi standar, panaskan IC ini dengan hot blower.

Jika setelah dipanaskan tetap tidak memunculkan tegangan, cek tegangan di fuse PS4, yaitu 5 volt. Jika fuse ini sudah ada tegangan 5 volt, berarti IC regulator harus diganti dengan yang normal. Fuse putus bisa menyebabkan playstation blank gelap juga, anda harus jeli.

Silakan pelajari bagaimana

3. CEK FUSE PS1 DAN SEKERING EMOTION ENGINE

Gunakan AVO analog untuk mengetahui jalur putus atau tidak. Cek juga tegangan pada 12 volt, atau diatas 11.7 V.

Anda jangan menjumper dua komponen ini, atau kerusakan akan semakin parah. Sebaiknya, cari komponen bekas yang masih kondisi bagus dari PS2 lain.

4. UKUR TEGANGAN DI IC RGB

Langkah ke 4, Silakan cek tegangan di IC RGB di kaki 4 dan 6. Kaki 4 harus ada 5 Volt dan kaki ke 6 pada 1.5 Volt. Jika tidak ada tegangan, panaskan IC ini dengan solder udara atau blower. Jika dipanaskan tidak memunculkan tegangan, sebaiknya ganti dengan IC cadangan.

PS2 Tebal Blank Hitam Total


5. CEK TEGANGAN DI KAPASITOR IC POWER SWITCHING

Langkah terakhir adalah mengukur tegangan di kapasitor dekat IC power swithcing. IC ini mendapat tegangan 12 Volt sebagai regulasi tegangan ke semua komponen PS.

Jika tidak ada tegangan, gunakan AVO untuk mengetahui putus atau tidaknya fuse P2. Jika fuse normal namun kapasitor tidak ada 12 volt atau kurang, ganti RB 5.6 ohm. Semoga berhasil.
Share on Google Plus

About kutaragi

0 comments:

Post a Comment